Melanjutkan perjuangan 41

Jokam Cyber Community [Berpengaruh Tidak Terpengaruh]

the best friendst

the best friendst
"Menampung Aspirasi, Menyampaikan Informasi, Menjalin Komunikasi, Mendekatkan Instituisi"

Selasa, 15 Desember 2009

Tips Mencegah Komputer Terserang Virus


Bagi anda yang memiliki komputer, entah itu PC ataupun Laptop tentu ingin terhindar dari Virus baik untuk sistem maupun data-data yang tersimpan. Kehilangan komputer masih bisa beli, kalau kehilangan data ? Tentu anda tidak mau mengalaminya bukan.Berikut beberapa tips agar terhindar dari Virus:

Berikut beberapa tips agar terhindar dari Virus:

1. Gunakan antivirus yang sudah teruji kualitasnya, beberapa majalah komputer biasanya sering mengadakan uji coba.
Beberapa Antivirus yang disarankan :
A. Antivirus berbayar: Kasperky, Norman, NOD32, Symantec, Mcafee, Norton, AVG dll
B. Antivirus free: AVG free, PCmedia dll

> Baca perbedaan Antivirus berbayar dan Antivirus Free.

2. Lakukan Update secara teratur. Antivirus secanggih apapun tanpa update yang teratur tidak akan maksimal didalam menangkal Virus. Update adalah penambahan database/pengenalan terhadap virus-virus yang baru. Kalau tidak diupdate sementara ada virus baru yang muncul maka antivirus anda tidak akan mengenalinya.

3. Jangan Login sebagai Administrator kecuali pada saat memang membutuhkan hak sebagai Administrator.
Hak akses user bisa di setting di Start - Settings - Control Panel - User Accounts.
Jika Login sebagai Administrator maka akan memudahkan virus yang masuk untuk menginfeksi sistem anda. (Administrator memiliki akses untuk melakukan perubahan apapun terhadap sistem anda, dan ini bisa dimanfaatkan oleh virus)

4. Jika ingin menggunakan media USB Flash Disk dari luar,Scan terlebih dahulu, karena kita tidak tau mungkin ada virus di dalamnya terlebih USB yang biasa dipakai dari warnet, pindah-pindah komputer.

5. Jangan membuka USB dengan klik 2x seperti biasa kita lakukan kecuali kita benar-benar yakin tidak ada virus di dalam USB tersebut.
Langkah paling aman adalah dengan Klik kanan dan pilih Ekplore/Open. Virus seringkali menggunakan klik 2x sebagai triger untuk mengeksekusi dirinya ke dalam sistem.

7. Jika sedang browsing jangan sembarangan mengklik pesan yang seringkali muncul ketika kita membuka halaman-halaman web, jika tidak yakin lebih baik ditutup/close. Virus seringkali masuk melalui celah sekecil apapun. Dengan kita mengklik pesan yang muncul bisa diartikan kita mengijinkan virus yang bersembunyi masuk ke sistem kita.

8. Bagi anda pengguna Laptop yang memiliki fasilitas Bluetooth hati-hati dengan Bluetooth anda, hindari dalam posisi ON, karena banyak virus yang juga menyebar lewat fasilitas ini/Bluetooth.

9. Jangan sembarangan membuka email dengan attachmen yang tidak kita kenal. Biasanya hal-hal yang menarik seperti foto, video ataupun yang lainnya. Lebih baik langsung delete. Biasanya itu hanyalan pesan yang tersembunyi sebenarnya bukan file foto/video tetapi virus yang menyamar.

10. Bagi anda yang suka chatting dengan menggunakan Yahoo Mesangger akhir-akhir ini juga banyak virus yang menyebar lewat YM. Abaikan pesan-pesan yang tidak anda kenal, mungkin dari teman yang anda kenal tetapi pesan yang disampaikan sebenarnya pesan virus. Biasa berupa link ke situs-situs yang menarik seperti foto, video bahkan hal-hal yang berbau porno.

11. Kenali dengan baik tingkah laku sistem anda, kalau sudah mulai lambat, mulai bertingkah aneh, document berubah, folder berubah, mouse bergerak sendiri saya pastikan kemungkinan besar komputer anda sudah terjangkit Virus, segera bersihkan atau hubungi IT Konsultan anda. Jangan biarkan, bisa-bisa tidak hanya sistem anda yang rusak tetapi data penting anda akan lenyap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar